DIY Honda Beat/Vario Hook on Yamaha NMAX

#Yamaha ft #Honda #NMAX ft #Vario #nmaxriders #nmaxridersjakarta #modification

A photo posted by NMAX Riders (@nmaxriders) on

Hallo MaxBro & MaxSist!! Back with DIY article.    Kali ini datang dari Om Billy Tantri. Salah satu orang yg paling curious dengan ide-ide yang kadang ga pernah kita pikirkan sebelumnya.

Sebagaimana kita ketahui Yamaha NMAX punya bagasi cukup besar, namun untuk kepraktisan, punya gantungan di depan tentunya akan menyenangkan. Untuk gantungan/Hook ini kita bisa memanfaatkan baut di dek depan NMAX. Sebelumnya Om Billy  pernah menggunakan Hook TTX/X-Ride  Aluminium, namun katanya dirasa terlalu menjorok keluar. Karena sering membonceng buah hatinya yang masih kecil di depan, Om Billy  khawatir jika si buah hati karna suatu hal terpeleset dan menghantam hook tersebut. Halangan berikutnya adalah Om Billy memiliki Tunnel Bag 7Gear. Hook TTX ini mentok dengan tunnel bag tersebut. Bisa saja dipaksakan, namun Tunnel Bag akan penyok ke dalam yang mengakibatkan kapasitas tunnel Bag itu jadi tidak maksimal.

image

Tidak putus asa dengan kekhawatiran keselamatan buah hati dan kendala dengan tunnel bagnya, melongok sebentar ke tetangga sebelah didapatlah ide menggunakan Hook dari Vario/Beat untuk menggantikan Hook TTX/X-Ride. Terlebih di media sosial Om Billy amati banyak juga yang mengaplikasikan Hook Honda Beat/Vario ke jenis motor lain. Harga Hook ini sendiri terbilang cukup murah, berkisar antara Rp.1.500 ~ Rp.20.000 (Testimoni pembeli di Tokopedia di media sosial). Saya sendiri membelinya dengan harga Rp. 4.000,- di bengkel resmi Honda di daerah Meruya dekat Singapore School.

Untuk pemasangannya pun cukup mudah. Bila ingin plug and play, cukup cari baut yang lebih panjang dari baut bawaan di dek depan NMAX,  Selesai. Namun Hook akan berada diluar lekukan lubang. Gripnya pun tidak terlalu kuat.

image

image

Om Billy bilang, supaya Hook fit dengan dudukan baut di dek depan MaxBro &MaxSist perlu memodifikasi bentuk hook agar bisa masuk ke lekukan. Om Billy kebetulan punya gerinda, jadi pekerjaan ini menjadi sangat mudah. Menggunakan pisau juga sebetulnya bisa, namun akan lebih merepotkan. Agar MaxBro & MaxSist tidak perlu trial and error dengan bentuk. Silahkan ikut gambar hasil akhir berikut. Jadikan empat lubang kecil di bagian belakang hook sebagai patokan.

image

Setelah mendapat bentuk akhirnya, lanjutkan dengan melepas selongsong besi yang ada di dek depan NMAX. Sebelumnya Om Billy  mencoba memasang dengan selongsong besi tersebut namun karna baut kurang panjang, jadi tidak bisa dapat grip yang cukup. Bila ingin memakai selongsong besi ini, maka perlu mengganti baut yang lebih panjang.

Berikut bentuk akhir Hook Honda Beat/Vario pada Nmax.

image

Om Billy secara pribadi sangat suka dengan Hook Vario/Beat dikarenakan beberapa alasan sebagai berikut:
1. Desain understated dan sejalan dengan desain Nmax. Hook TTX, gak banget katanya. Tapi ini selera Pribadi. No offence.
2. Tidak khawatir menubruk anak kecil yang dibonceng di depan.
3. Tidak mentok di 7Gear Tunnel Bag. Hook TTX mentok banget hingga tas penyok ke dalam.
4. Murah meriah MaxBro & MaxSist! 😀

Berikut penampakan Hook ini beserta 7Gear Tunnel Bag.

image

Last, meet The Lativok!

image

____________________
Stay in touch with us,
Facebook Group: NMAX Riders
Facebook FanPage: NMAX Riders
Twitter: @nmaxriders
Instagram: @nmaxriders
Blog: nmaxriders.wordpress.com
Email: nmaxriders@outlook.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s